Perencanaan pesta ulang tahun sebaiknya sudah dimulai minimal sebulan sebelumnya, kecuali Anda ingin membuat pesta besar-besaran di gedung. Perencanaan seperti itu tentu harus dimulai 6 bulan atau bahkan setahun sebelumnya. Untuk pesta semacam itu tentu diperlukan perancang khusus yang memang sudah biasa menyelenggarakan pesta-pesta besar.
Untuk pesta kecil di rumah, tentu tidak serumit itu. Perencanaan sebulan di muka sudah cukup untuk membuat pesta yang meriah dan berkesan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dipersiapkan:
1. Tentukan Jenisnya
Pertama Anda harus menentukan jenis pestanya. Ingin yang formal atau yang santai, atau di antaranya. Pesta ulang tahun biasanya cukup santai, kecuali pada usia tertentu, misal 17 atau 50 tahun. Kalau Anda baru pertama kali menggelar pesta, buatlah yang cukup santai. Pesta santai bisa diatur dengan simpel, tetapi dari pesta yang simpel itu Anda bisa menimba banyak pengalaman untuk penyelenggaraan pesta yang lain lagi.
2. Tentukan Tema
Mengapa tema penting untuk sebuah pesta? Karena kalau kita punya tema, maka segala "perangkat" pesta lainnya menjadi mudah. Kita tinggal menyesuaikan dengan temanya. Jenis tema bisa diambil dari hal yang umum, atau yang sedang tren, atau yang Anda sukai, atau bisa juga dengan warna, red glamour party misalnya.
Kalau temanya sudah didapat, langkah perencanaan beriku jadi lebih mudah lagi. Tetapi kalau tema terasa membatasi kreativitas penyelenggara pesta, maka bisa saja pesta ulang tahun dibuat tanpa tema.
3. Tentukan Waktunya
Waktu pesta harus enak buat Anda, enak juga buat para tamu. Jangan pilih waktu yang bentrok dengan event besar, misalnya pertandingan sepak bola Piala Dunia. Waktu pesta juga jangan bentrok dengan pesta kawin seseorang yang penting buat para tamu Anda, misal pesta kawin anak bos di kantor. Hal tersebut akan membuat bingung para tamu, bingung harus memilih yang mana.
Pagi, siang, atau malam juga harus ditentukan. Kalau yang Anda undang golongan muda, mereka pasti lebih suka berpesta di malam hari. Tetapi untuk orang tua, siang atau sore hari pasti lebih menyenangkan buat mereka.
4. Tentukan Budget
Jumlah uang yang tersedia untuk menyelenggarakan pesta tentu penting. Pengeluaran yang paling besar adalah untuk makan, oleh karena itu 75 persen dari dana yang tersedia harus disalurkan untuk makan. Sisanya adalah untuk dekorasi, termasuk bunga, souvenir, perangkat hidang/makan yang harus disewa. Jangan lupa sisihkan untuk keperluan tak terduga.
5. Dekorasi
Dekorasi harus sesuai dengan tema pesta supaya ketika tamu pertama kali melangkah masuk, tema sudah bisa terasa. Anda bisa melihat ide dekorasi dari majalah atau buku-buku dekorasi pesta. Ingat untuk berpegang pada budget.
6. Makanan
Kalau memungkinkan jenis makanan sebaiknya disesuaikan dengan tema pesta. Budget untuk makanan bisa lebih rendah kalau Anda bisa menyiapkan semua atau separuh hidangan yang akan disajikan. Jangan takut tidak punya cukup waktu, rahasianya ada pada sistem stok. Penyetokan hidangan bisa dimulai 2 minggu sebelum pesta hingga pasti bisa selesai pada waktunya.
7. Siapkan perlengkapan pendukung
Musik merupakan faktor pendukung pesta yang penting. Pilih musik yang sesuai dengan tema. Kalau alat musik atau perangkat musik Anda kurang mendukung, Anda bisa menyewanya. Siapkan juga wadah-wadah untuk membuang sampah dan tempat meletakkan minuman dingin.
8. Hari H
Lima belas menit sebelum acara dimulai, pasanglah lilin pengharum ruangan, nyalakan musik lembut yang sesuai. Ketika tamu sudah berdatangan, nyalakan segera lilin di meja makan kalau ada.
Selamat berpesta. Semoga sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar